Mengenai saya
TUGAS TERSTRUKTUR
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN IPS
DI SD
“RPP
KELAS 4 SEMESTER 1”
Di susun oleh :
Melza Dary Prasetyo
( F32112068 )
4C Reguler B
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN PENDIDIKAN DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK
2014
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN
04 SINGKAWANG
Kelas/Semester : 4
/ 1
Tema/Subtema : Indahnya Kebersamaan (1) / Keberagaman Budaya Bngsa ku (1)
Pembelajaran Ke :
4
- Kompetensi
Inti
KI.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI.3
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI.4
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
- Kompetensi
Dasar
IPA
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi
melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran.
4.4 Menyajikan hasil percobaan
atau observasi tentang.
IPS
2.3 Menunjukkan perilaku santun,
toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman
sebaya.
3.5 Memahami manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan
PPKn
1.1 Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan keberagaman
agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara
adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
sekitar.
3.1 Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila
Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu
kesatuan yang utuh.
- Indikator
IPA
3.5.1 Menjelaskan sumber bunyi
dalam bentuk tulisan.
4.4.2 Membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh
benda yang bergetar.
IPS
4.5.1 Menceritakan pengalamannya menjaga keharmonisan hubungan dengan teman sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila.
PPKn
4.1.1
Menceritakan pengalaman
mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- Tujuan Pembelajaran:
1.
Setelah membaca teks dan bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa
dapat menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan.
2.
Setelah bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, peserta didik dapat
membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar.
3.
Peserta didik dapat menjaga keharmonisan hubungan dengan teman sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila.
4.
Setelah berdiskusi peserta didik dapat menceritakan pengalamannya
mengamalkan nilai-nilai.
- Materi Ajar:
1.
Mengenal
alat musik tradisional
Alat Musik Tradisional
Selain kaya akan budaya, tarian,
dan makanan khas daerah Indonesia juga kaya akan jenis alat musik. Berikut
adalah contoh alat musik yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Cara
memainkannya berbeda-beda. Kecapi berasal dari Jawa Barat, dimainkan dengan
cara dipetik. Angklung juga berasal dari Jawa Barat, dimainkan dengan cara digetarkan.
Saluang berasal dari Sumatra Barat dimainkan dengan cara ditiup. Gendang dari
Jawa Barat dan tifa dari Papua dimainkan dengan cara dipukul.
No
|
Alat Musik
|
Asal
|
Cara Memainkannya
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
2.
Bereksplorasi
tentang sumber bunyi
Jenis-Jenis Alat Musik
Berdasarkan Cara Memainkannya
a.
Alat musik tiup, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup.
Contoh: recorder, flute, horn, tuba, seruling, harmonika,
trompet, pianika, saksofon, klarinet, dan lain-lain.
b.
Alat musik gesek, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara digesek.
Contoh: cello, biola, rebab, kontra bas, dan lain-lain.
c.
Alat musik petik, yaitu alat musik yang di mainkan dengan cara dipetik.
Contoh: gitar, bas, mandolin, sasando, ukulele, harpa, siter, banjo, dan
lain-lain.
d.
Alat musik pukul, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat
musik pukul ada dua macam:
1.
Alat musik pukul bernada Contoh: kulintang, perangkat gamelan, calung,
arumba, bellira, vibraphone, xylophone, glockenspiel,
dan lain-lain.
2.
Alat musik pukul tak bernada. Contoh: gendang, ketipung, rebana, gong,
tamborin, symbal, triangle, tympani, kastanyet, pauken,
drum set, dan lain-lain.
e.
Alat musik tekan, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan.
Contoh: piano, organ, keyboard dan lain-lain.
3.
Berkreasi
dengan bunyi
a.
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kalian
anggap sebagai sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda
cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, dan ditekan).
b.
Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!
Nama Benda
|
Cara Menghasilkan Bunyi
|
c.
Bercerita
tentang pengamalan nilai-nilai Pancasila
Tuliskan pengalamanmu menjaga hubungan yang baik
dengan teman di sekolah sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila!
Sila ke-
|
Pengalamanmu
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
5
|
- Alokasi
Waktu
4 x 30 menit
- Pendekatan
dan metode
`Pendekatan : Scientific
Metode : tanya
jawab, ceramah, demontrasi, mengamati, bernyanyi dan diskusi.
- Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pembuka
|
|
20 menit
|
Inti
|
a.
Ditiup: peluit
b.
Digesek: sisir
c.
Dipetik: karet
d.
Ditekan: mainan anak
a.
Apakah semua benda yang kalian amati memiliki bunyi?
b.
Dengan cara apakah benda itu dapat berbunyi?
c.
Apa yang kalian rasakan pada kulit kalian saat kalian membuat benda itu
berbunyi?
d.
Apa yang kalian simpulkan dari kegiatan ini? (penilaian no.1)
ISTIRAHAT
|
35 menit
15 menit
35 menit
|
Penutup
|
|
15 menit
|
- Penilaian :
1.
Proses
No.
|
Nama
|
Perkembangan
|
Ket.
|
|||||||||||||||
Minggu Ke I
|
Minggu ke II
|
Minggu ke III
|
Minggu ke IV
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
|||
1
|
Elly
|
|||||||||||||||||
2
|
Nia
|
|||||||||||||||||
3
|
Maya
|
|||||||||||||||||
4
|
Eka
|
|||||||||||||||||
5
|
Uray
|
Catatan: guru memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai
Terlihat
MB : Mulai
Berkembang
SM : Sudah
membuda
2. Penilaian unjuk kerja
§ Rubrik daftar periksa eksplorasi benda yang menghasilkan
bunyi. (IPA)
No
|
Nama
|
Kriteria
|
||||||
Aku sudah dapat
menyebutkan 5 benda yang menghasilkan bunyi.
|
Aku sudah dapat
menyebutkan cara menghasilkan bunyi dari 5 benda
|
Aku dapat
menuliskan kesimpulan dari hasil percobaan.
|
||||||
Sudah
|
Belum
|
Sudah
|
Belum
|
Sudah
|
Belum
|
|||
1
|
Elly
|
|||||||
2
|
Nia
|
|||||||
3
|
Maya
|
|||||||
4
|
Eka
|
|||||||
5
|
Uray
|
§ Rubrik daftar periksa cerita pengamalan nilai-nilai
Pancasila. (IPS dan PPKn)
No
|
Nama
|
Kriteria
|
||||
Isi cerita sesuai
dengan tema.
|
Isi cerita
dihubungkan dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila.
|
|||||
Sudah
|
Belum
|
Sudah
|
Belum
|
|||
1
|
Elly
|
|||||
2
|
Nia
|
|||||
3
|
Maya
|
|||||
4
|
Eka
|
|||||
5
|
Uray
|
§ Rubik diskusi
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||||||||||
Mendengarkan
|
Komunikasi
nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Keruntutan
berbicara
|
|||||||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
|||||
1
|
Elly
|
|||||||||||||||
2
|
Nia
|
|||||||||||||||
3
|
Maya
|
|||||||||||||||
4
|
Eka
|
|||||||||||||||
5
|
Uray
|
Rumus perhitungan skor :
Nilai Siswa
Keterangan:
•
Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria
1 dan kriteria 2.
•
Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.
- Sumber dan Alat
Bantu Pembelajaran:
1. Alat dan bahan
a. Siswa itu sendiri.
b. Leptop
c. Infokus
d. Buku paket guru dan siswa.
e. Sisir.
f. Karet.
g. Peluit.
h. Mainan anak.
2. Sumber belajar
a.
Buku
paket Guru dan siswa
b.
Siswa
c.
Lingkungan
sekitar
Mengetahui, Pontianak,
2 April 2014
Dosen Mahasiswa
Melza Dary Prasetyo
NIP. NIM. F32212068