TUGAS TERSTRUKTUR
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN IPS DI SD
RPP KELAS 4 SEMESTER 1”


Di susun oleh :
Melza Dary Prasetyo
( F32112068 )
4C Reguler B






PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN PENDIDIKAN DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK

                                                            2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  SDN 04 SINGKAWANG                                                          
Kelas/Semester            :  4 / 1
Tema/Subtema            :  Indahnya Kebersamaan (1) / Keberagaman Budaya Bngsa ku (1)
Pembelajaran  Ke        :  4

  1. Kompetensi Inti
KI.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI.3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI.4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

  1. Kompetensi Dasar
IPA
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran.
4.4 Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang.

IPS
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan

PPKn
1.1 Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan keberagaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.1 Memahami makna dan keterkaitan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.

  1. Indikator
IPA
3.5.1 Menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan.
4.4.2 Membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar.



IPS
4.5.1 Menceritakan pengalamannya menjaga keharmonisan hubungan dengan teman sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila.

PPKn
4.1.1 Menceritakan pengalaman mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Tujuan Pembelajaran:
1.      Setelah membaca teks dan bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, siswa dapat menjelaskan sumber bunyi dalam bentuk tulisan.
2.      Setelah bereksplorasi dengan benda-benda sekitar, peserta didik dapat membandingkan bunyi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar.
3.      Peserta didik dapat menjaga keharmonisan hubungan dengan teman sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila.
4.      Setelah berdiskusi peserta didik dapat menceritakan pengalamannya mengamalkan nilai-nilai.

  1. Materi Ajar:
1.      Mengenal alat musik tradisional
Alat Musik Tradisional
Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah Indonesia juga kaya akan jenis alat musik. Berikut adalah contoh alat musik yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Cara memainkannya berbeda-beda. Kecapi berasal dari Jawa Barat, dimainkan dengan cara dipetik. Angklung juga berasal dari Jawa Barat, dimainkan dengan cara digetarkan. Saluang berasal dari Sumatra Barat dimainkan dengan cara ditiup. Gendang dari Jawa Barat dan tifa dari Papua dimainkan dengan cara dipukul.
No
Alat Musik
Asal
Cara Memainkannya
1



2



3



4



5




2.      Bereksplorasi tentang sumber bunyi
Jenis-Jenis Alat Musik
Berdasarkan Cara Memainkannya
a.       Alat musik tiup, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Contoh: recorder, flute, horn, tuba, seruling, harmonika, trompet, pianika, saksofon, klarinet, dan lain-lain.
b.      Alat musik gesek, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Contoh: cello, biola, rebab, kontra bas, dan lain-lain.
c.       Alat musik petik, yaitu alat musik yang di mainkan dengan cara dipetik. Contoh: gitar, bas, mandolin, sasando, ukulele, harpa, siter, banjo, dan lain-lain.
d.      Alat musik pukul, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik pukul ada dua macam:
1.      Alat musik pukul bernada Contoh: kulintang, perangkat gamelan, calung, arumba, bellira, vibraphone, xylophone, glockenspiel, dan lain-lain.
2.      Alat musik pukul tak bernada. Contoh: gendang, ketipung, rebana, gong, tamborin, symbal, triangle, tympani, kastanyet, pauken, drum set, dan lain-lain.
e.       Alat musik tekan, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan. Contoh: piano, organ, keyboard dan lain-lain.
3.         Berkreasi dengan bunyi
a.       Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kalian anggap sebagai sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya (ditiup, digesek, dipetik, dipukul, dan ditekan).
b.      Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!
Nama Benda
Cara Menghasilkan Bunyi













c.         Bercerita tentang pengamalan nilai-nilai Pancasila
Tuliskan pengalamanmu menjaga hubungan yang baik dengan teman di sekolah sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila!
Sila ke-
Pengalamanmu
1

2

3

4

5



  1. Alokasi Waktu
4 x 30 menit

  1. Pendekatan dan metode
`Pendekatan    : Scientific
Metode            : tanya jawab, ceramah, demontrasi, mengamati, bernyanyi dan diskusi.

  1. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pembuka
  1. Salam
  2. Doa
  3. Mengecek kesiapan belajar
  4. Apersepsi
  5. Menyampaikan tujuan pembelajaran
20 menit
















Inti
  1. Peserta didik membaca dan memahami informasi teks tentang Alat Musik Tradisional.
  2. Berdasarkan pengetahuan yang didapat dari teks bacaan, peserta didik diminta menyebutkan alat musik yang diketahuinya serta cara memainkan alat tersebut.
  3. Peserta didik bereksplorasi dengan berbagai sumber bunyi dari benda-benda di sekitar. Hasil eksplorasi dituliskan pada tabel pada buku peserta didik.
  4. Guru menyiapkan benda-benda yang dibunyikan dengan cara:
a.      Ditiup: peluit
b.      Digesek: sisir
c.       Dipetik: karet
d.      Ditekan: mainan anak
  1. Peserta didik mengamati tabel dan mengambil kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan.
  2. Guru membantu peserta didik untuk menemukan kesimpulan yang sesuai harapan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seperti:
a.      Apakah semua benda yang kalian amati memiliki bunyi?
b.      Dengan cara apakah benda itu dapat berbunyi?
c.       Apa yang kalian rasakan pada kulit kalian saat kalian membuat benda itu berbunyi?
d.      Apa yang kalian simpulkan dari kegiatan ini? (penilaian no.1)
ISTIRAHAT
  1. Guru mengelompokkan peserta didik berdasarkan cara membunyikan benda.
  2. Guru menyiapkan benda-benda dari peralatan dapur atau lainnya.
  3. Guru membimbing peserta didik bermain musik dengan alat-alat yang ada.
  4. Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu yang dikenal dengan iringan musik buatan.
  5. Peserta didik dikenalkan dengan konsep harmoni dalam bermusik.
  6. Peserta didik mendikusikan makna harmoni dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Peserta didik mendiskusikan manfaat mengaplikasikan sikap harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air (persatuan dalam keberagaman). (penilaian no.3)
  8. Peserta didik menceritakan sikap harmoni dengan makna yang terkandung dalam sila Pancasila. (penilaian no.2)
  9. Peserta didik menjawab pertanyaan pada buku siswa.
  10. Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.





35 menit





























15 menit











35 menit


Penutup
  1. Rangkuman materi pembelajaran
  2. Refleksi/kesan pembelajaran
  3. Tindak lanjut.
  4. Salam penutup
15 menit

  1. Penilaian :
1.      Proses
No.
Nama
Perkembangan
Ket.
Minggu Ke I
Minggu ke II
Minggu ke III
Minggu ke IV
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Elly

















2
Nia

















3
Maya

















4
Eka

















5
Uray


















Catatan: guru memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa
Keterangan:
BT  : Belum Terlihat
MT  : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM  : Sudah membuda
2.      Penilaian unjuk kerja
§  Rubrik daftar periksa eksplorasi benda yang menghasilkan bunyi. (IPA)
No
Nama
Kriteria
Aku sudah dapat menyebutkan 5 benda yang menghasilkan bunyi.
Aku sudah dapat menyebutkan cara menghasilkan bunyi dari 5 benda
Aku dapat menuliskan kesimpulan dari hasil percobaan.
Sudah
Belum
Sudah
Belum
Sudah
Belum
1
Elly






2
Nia






3
Maya






4
Eka






5
Uray







§  Rubrik daftar periksa cerita pengamalan nilai-nilai Pancasila. (IPS dan PPKn)
No
Nama
Kriteria
Isi cerita sesuai dengan tema.
Isi cerita dihubungkan dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila.
Sudah
Belum
Sudah
Belum
1
Elly




2
Nia




3
Maya




4
Eka




5
Uray









§   Rubik diskusi
No
Nama
Kriteria
Jumlah Skor
Nilai
Mendengarkan
Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Keruntutan berbicara
3
2
1
3
2
1
3
2
1
3
2
1


1
Elly














2
Nia














3
Maya














4
Eka














5
Uray















Rumus perhitungan skor :
Nilai Siswa      
Keterangan:
• Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2.
• Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.
  1. Sumber dan Alat Bantu Pembelajaran:
1.      Alat dan bahan
a.       Siswa itu sendiri.
b.      Leptop
c.       Infokus
d.      Buku paket guru dan siswa.
e.       Sisir.
f.       Karet.
g.      Peluit.
h.      Mainan anak.
2.      Sumber belajar
a.       Buku paket Guru dan siswa
b.      Siswa
c.       Lingkungan sekitar



Mengetahui,                                                                Pontianak, 2 April 2014
     Dosen                                                                                Mahasiswa


                                                                                                    Melza Dary Prasetyo 
NIP.                                                                                           NIM. F32212068

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

Pengikut

Popular Post

Blog Archive

- Copyright © Melza D.P 4C Reg B -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -