TUGAS TERSTRUKTUR
MATERI DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD II
RPP KELAS 1 SEMESTER 1”

Di susun oleh :
Melza Dary Prasetyo
( F32112068 )
4C Reguler B




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN PENDIDIKAN DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK

2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan      : SD Negeri 04 Singkawang
Kelas / Semester          : I / 1
Tema / Sub Tema        : Diriku (1) / Aku Dan Teman Baru (1)
Pembelajaran Ke         : 6

A.  Kompetensi Inti
KI 1  : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
KI 3  : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
KI 4  : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar
Matematika
2.2       Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata bendabenda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar.
3.2       Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.5       Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada.


SBDP
2.1.      Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1       Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi.
4.1       Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
Bahasa Indonesia
2.1.      Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.4       Mengenal Teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1       Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

C.  Indikator
Matematika
3.2.1    Menunjukkan benda-benda di sekitar yang berbentuk dasar segi empat.
4.5.2    Menunjukkan benda-benda di sekitar yang berbentuk dasar lingkaran.
4.5.3    Menggambar berdasarkan bentuk lingkaran dan segi empat.
SBDP
3.1.1    Menentukan bentuk baru yang akan digambar.
4.1.2    Menggambar bentuk baru dari bangun datar segi empat dan lingkaran.
Bahasa Indonesia
3.4.1    Menceritakan hasil gambar yang dibuatnya di depan kelas.
4.1.2    Menyampaikan hasil pengamatan sesuai bentuk benda.



D.  Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan kegiatan mengamati, peserta didik dapat mengidentifikasi benda-benda berbentuk segi empat dengan benar.
2.    Dengan kegiatan mengamati, peserta didik dapat mengidentifikasi benda-benda berbentuk lingkaran dengan benar.
3.    Dengan kegiatan mengamati, peserta didik dapat menggambar berdasarkan bentuk lingkaran dan segi empat.
4.    Dengan penugasan dari guru, peserta didik dapat Menentukan bentuk baru yang akan digambar.
5.    Dengan penugasan dari guru, peserta didik dapat bentuk baru dari bangun datar segi empat dan lingkaran.
6.    Dengan kegiatan menggambar, peserta didik dapat menceritakan hasil gambar yang dibuat dengan lancar.
7.    Setelah mengamati lingkungan sekitar, peserta didik dapat menyampaikan hasil pengamatan benda-benda berbentuk lingkaran dengan lancar.

E.  Materi Ajar
Buku Siswa
1.      Mengenal Bentuk Lingkaran
Temukan bentuk lingkaran di kelasmu
Di sekitar kita ada berbaga benda.
Bermacam-macam bentuknya.
Kamu sudah mengenal segi empat.
 



Sekarang kamu akan mengenal lingkaran.
2.      Kamu sudah mengenal segi empat.
Kamu juga mengenal lingkaran.
Buatlah gambar dari segi empat dan lingkaran



 












Apa yang kamu gambar?
Apa gambar temanmu?

3.      Ceritakan gambarmu di depan kelas


F.   Alokasi Waktu
4 X 30 menit

G. Pendekatan dan Metode
Pendekatan : Scientific
Metode       : tanya jawab, ceramah, demontrasi, mengamati, dan diskusi.

H.  Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pembuka
  1. Salam
  2. Doa
  3. Mengecek kesiapan belajar
  4. Apersepsi
  5. Menyampaikan tujuan pembelajaran
20 menit









Inti
























Inti
1.      Guru menjelaskan kepada peserta didik bahwa mereka akan mempelajari bentuk lingkaran.
2.      Peserta didik diminta menunjukkan berbagai bentuk lingkaran yang ada pada gambar di halaman buku peserta didik
3.      Peserta didik diminta memberikan contoh bendabenda berbentuk lingkaran yang mereka tahu.
4.      Kemudian, peserta didik diminta membentuk kelompok.
5.      Masing-masing kelompok mengamati benda-benda berbentuk lingkaran di kelas atau di luar kelas.
6.      Setelah waktu pengamatan selesai, masing-masing kelompok menyampaikan hasil pengamatannya di depan kelas.
7.      Setelah semua kelompok menyampaikan laporan guru melakukan konfirmasi dan penguatan konsep yang baru saja dipelajari.
8.      Peserta didik juga diminta menyampaikan kesan-kesan mereka dalam mengikuti kegiatan.
ISTIRAHAT
9.      Guru mengingatkan peserta didik tentang bangun lingkaran dan bangun segi empat yang baru saja dipelajari.
10.  Peserta didik diminta membuat gambar dari bentuk lingkaran dan segi empat secara berkelompok.
11.  Setelah selesai, peserta didik menceritakan gambarnya kepada kelompok lain.
12.  Setiap kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil karyanya dengan menceritakan bagaimana mereka menentukan gambar yang akan dibuat, dan penjelasan mengenai gambar apa, yaitu maksud dan arti.
13.  Kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan pendapat terhadap hasil kerja temannya.
14.  Kelompok yang diberi apresiasi mengucapkan terima kasih.
15.  Setiap kelompok diberi kesempatan untuk saling membandingkan hasil kerjanya.
16.  Kegiatan ditutup dengan diskusi mengenai tujuan dan manfaat bekerja sama serta





35 menit




















15 menit











35 menit


Penutup
  1. Rangkuman materi pembelajaran
  2. Refleksi/kesan pembelajaran
  3. Tindak lanjut.
  4. Salam penutup
15 menit

I.     Penilaian
1.      Proses
No.
Nama
Perkembangan
Ket.
Minggu Ke I
Minggu ke II
Minggu ke III
Minggu ke IV
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Elly

















2
Nia

















3
Maya

















4
Eka

















5
Uray


















Catatan: guru memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa
Keterangan:
BT  : Belum Terlihat
MT  : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM  : Sudah membuda




2.      Penilaian unjuk kerja
a.       Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan berbagai Benda Berbentuk Lingkaran
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
1.
Peserta didik mampu mengikuti instruksi guru.


2.
Peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan.


3.
Peserta didik dapat menyampaikan hasil pengamatan bendabenda
berbentuk lingkaran secara berkelompok.


4.
Peserta didik mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.


Catatan : Guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan kinerja siswa.
b.      Rubrik Menggambar dan Menceritakan Gambar dalam Kelompok
No
Nama
Kriteria
 Jumlah Skor
Kerja sama
Kelompok
Kualitas hasil
Kemampuan
menceritakan
gambar
 Nilai
3
2
1
3
2
1
3
2
1
1
Elly











2
Nia











3
Maya











4
Eka











5
Uray











              Rumus perhitungan skor :
Nilai Siswa               
Keterangan:
a.       Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2.
b.      Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.

J.      Sumber dan Alat Bantu Pembelajaran
1.      Alat dan bahan
a.       Siswa itu sendiri.
b.      Pin
c.       Botol minyak wangi
d.      Tempat lulur
e.       Karton berbentuk lingkaran
f.       Buku paket guru dan Siswa pengarang : Lubna Assagaf, Iba Mihibba, Nurhasanah, dkk. 2013. Tema1 Diriku. Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Cetakan ke-1. Jakarta kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
2.      Sumber belajar
a.       Buku paket guru dan siswa pengarang : Lubna Assagaf, Iba Mihibba, Nurhasanah, dkk. 2013. Tema1 Diriku. Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Cetakan ke-1. Jakarta kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
b.      Siswa itu sendiri.
c.       Lingkungan sekitar





Mengetahui,                                                    Pontianak, 21 Juni 2014
     Dosen                                                                     Mahasiswa


  Dra.K.Y. Margiyati, M.Si                                             Melza Dary Prasetyo 
NIP.195312161980032001                                               NIM. F32212068

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

Pengikut

Popular Post

Blog Archive

- Copyright © Melza D.P 4C Reg B -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -