Mengenai saya
TUGAS TERSTRUKTUR
MATERI DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD II
“RPP
KELAS 1 SEMESTER 1”
Di susun oleh :
Melza Dary Prasetyo
( F32112068 )
4C Reguler B
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN PENDIDIKAN DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
PONTIANAK
2014
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
Satuan
Pendidikan : SD Negeri 04 Singkawang
Kelas
/ Semester : I / 1
Tema
/ Sub Tema : Diriku (1) / Aku Dan Teman Baru
(1)
Pembelajaran
Ke : 6
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
Matematika
2.2 Menunjukkan
perilaku teliti dan peduli dengan menata bendabenda di sekitar ruang kelas
berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan
kelompok terkecil sampai terbesar.
3.2 Mengenal
bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah,
sekolah, atau tempat bermain.
4.5 Membentuk
dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang
sudah ada.
SBDP
2.1. Menunjukkan rasa percaya diri untuk
berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1 Mengenal
cara dan hasil gambar ekspresi.
4.1 Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan
di lingkungan sekitar.
Bahasa Indonesia
2.1. Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.4 Mengenal
Teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Menyampaikan
teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
C.
Indikator
Matematika
3.2.1 Menunjukkan benda-benda di sekitar yang
berbentuk dasar segi empat.
4.5.2 Menunjukkan benda-benda di sekitar yang
berbentuk dasar lingkaran.
4.5.3 Menggambar berdasarkan bentuk lingkaran dan
segi empat.
SBDP
3.1.1 Menentukan bentuk baru yang akan digambar.
4.1.2 Menggambar bentuk baru dari bangun datar
segi empat dan lingkaran.
Bahasa Indonesia
3.4.1 Menceritakan hasil gambar yang dibuatnya di
depan kelas.
4.1.2 Menyampaikan hasil pengamatan sesuai bentuk
benda.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan kegiatan mengamati, peserta didik dapat
mengidentifikasi benda-benda berbentuk segi empat dengan benar.
2. Dengan kegiatan mengamati, peserta didik dapat
mengidentifikasi benda-benda berbentuk lingkaran dengan benar.
3.
Dengan kegiatan
mengamati, peserta didik dapat menggambar berdasarkan bentuk lingkaran dan segi
empat.
4. Dengan penugasan dari guru, peserta didik dapat
Menentukan bentuk baru yang akan digambar.
5. Dengan penugasan dari guru, peserta didik dapat bentuk
baru dari bangun datar segi empat dan lingkaran.
6. Dengan kegiatan menggambar, peserta didik dapat
menceritakan hasil gambar yang dibuat dengan lancar.
7. Setelah mengamati lingkungan sekitar, peserta didik dapat
menyampaikan hasil pengamatan benda-benda berbentuk lingkaran dengan lancar.
E.
Materi
Ajar
Buku Siswa
1.
Mengenal Bentuk Lingkaran
Temukan bentuk lingkaran di
kelasmu
Di sekitar kita ada berbaga benda.
Bermacam-macam bentuknya.
Kamu sudah mengenal segi empat.
Sekarang kamu akan mengenal lingkaran.
2.
Kamu sudah mengenal
segi empat.
Kamu juga mengenal lingkaran.
Apa yang kamu gambar?
Apa gambar temanmu?
3.
Ceritakan gambarmu di depan kelas
F.
Alokasi
Waktu
4 X 30 menit
G.
Pendekatan
dan Metode
Pendekatan : Scientific
Metode : tanya
jawab, ceramah, demontrasi, mengamati, dan diskusi.
H.
Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pembuka
|
|
20 menit
|
Inti
Inti
|
1.
Guru
menjelaskan kepada peserta didik bahwa mereka akan mempelajari bentuk
lingkaran.
2.
Peserta
didik diminta menunjukkan berbagai bentuk lingkaran yang ada pada gambar di
halaman buku peserta didik
3.
Peserta
didik diminta memberikan contoh bendabenda berbentuk lingkaran yang mereka
tahu.
4.
Kemudian,
peserta didik diminta membentuk kelompok.
5.
Masing-masing
kelompok mengamati benda-benda berbentuk lingkaran di kelas atau di luar
kelas.
6.
Setelah
waktu pengamatan selesai, masing-masing kelompok menyampaikan hasil
pengamatannya di depan kelas.
7.
Setelah
semua kelompok menyampaikan laporan guru melakukan konfirmasi dan penguatan
konsep yang baru saja dipelajari.
8.
Peserta
didik juga diminta menyampaikan kesan-kesan mereka dalam mengikuti kegiatan.
ISTIRAHAT
9.
Guru
mengingatkan peserta didik tentang bangun lingkaran dan bangun segi empat
yang baru saja dipelajari.
10. Peserta didik diminta membuat gambar dari bentuk
lingkaran dan segi empat secara berkelompok.
11. Setelah selesai, peserta didik menceritakan gambarnya
kepada kelompok lain.
12. Setiap kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan
hasil karyanya dengan menceritakan bagaimana mereka menentukan gambar yang
akan dibuat, dan penjelasan mengenai gambar apa, yaitu maksud dan arti.
13. Kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan
pendapat terhadap hasil kerja temannya.
14. Kelompok yang diberi apresiasi mengucapkan terima
kasih.
15. Setiap kelompok diberi kesempatan untuk saling
membandingkan hasil kerjanya.
16. Kegiatan ditutup dengan diskusi mengenai tujuan dan
manfaat bekerja sama serta
|
35 menit
15 menit
35 menit
|
Penutup
|
|
15 menit
|
I.
Penilaian
1. Proses
No.
|
Nama
|
Perkembangan
|
Ket.
|
|||||||||||||||
Minggu Ke I
|
Minggu ke II
|
Minggu ke III
|
Minggu ke IV
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
|||
1
|
Elly
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Nia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Maya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Eka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Uray
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
guru memberikan tanda (Ö) pada setiap kriteria
sesuai dengan kinerja siswa
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai
Terlihat
MB : Mulai
Berkembang
SM : Sudah
membuda
2.
Penilaian unjuk kerja
a. Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan berbagai Benda Berbentuk Lingkaran
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum terlihat (√)
|
1.
|
Peserta didik mampu mengikuti instruksi guru.
|
|
|
2.
|
Peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan.
|
|
|
3.
|
Peserta didik dapat menyampaikan hasil pengamatan bendabenda
berbentuk lingkaran secara berkelompok.
|
|
|
4.
|
Peserta didik mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
|
|
|
Catatan : Guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria
sesuai dengan kinerja siswa.
b.
Rubrik Menggambar
dan Menceritakan Gambar dalam Kelompok
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Jumlah
Skor
|
|||||||||
Kerja sama
Kelompok
|
Kualitas hasil
|
Kemampuan
menceritakan
gambar
|
Nilai
|
|||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
Elly
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Nia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Maya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Eka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Uray
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rumus perhitungan skor :
Nilai Siswa
Keterangan:
a. Jumlah
skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria
1 dan kriteria 2.
b. Skor
ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.
J.
Sumber
dan Alat Bantu Pembelajaran
1. Alat dan bahan
a. Siswa itu sendiri.
b. Pin
c. Botol minyak wangi
d. Tempat lulur
e. Karton berbentuk lingkaran
f. Buku paket guru dan Siswa pengarang : Lubna
Assagaf, Iba Mihibba, Nurhasanah, dkk. 2013. Tema1 Diriku. Buku tematik terpadu
kurikulum 2013. Cetakan ke-1. Jakarta kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
2. Sumber belajar
a.
Buku
paket guru dan siswa pengarang : Lubna Assagaf, Iba Mihibba, Nurhasanah, dkk.
2013. Tema1 Diriku. Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Cetakan ke-1. Jakarta
kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
b.
Siswa
itu sendiri.
c.
Lingkungan
sekitar
Mengetahui, Pontianak, 21 Juni 2014
Dosen Mahasiswa
Dra.K.Y.
Margiyati, M.Si Melza Dary Prasetyo
NIP.195312161980032001 NIM. F32212068